Kauman Kidul diresmikan menjadi Kelurahan Layak Anak Pertama di Kota Salatiga

Deklarasi Kelurahan Kauman Kidul Layak Anak

Kelurahan Kauman Kidul secara resmi dideklarasikan sebagai Kelurahan Layak Anak (Dekela) di Kota Salatiga. Peresmian dilakukan oleh Wali Kota Salatiga yang pada kesempatan ini diwakili oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Adhi Isnanto, S.Sos, M.Si acara bertempat pada aula kelurahan Kauman Kidul dengan dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Pelindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Salatiga, Camat Sidorejo, Lurah Kauman Kidul beserta segenap elemen pemerintahan di Kelurahan Kauman Kidul.

Lurah Kauman Kidul, Sumarno, S.Ag, MM mengungkapkan pihaknya menyambut baik penetapan Kelurahan Layak Anak, apalagi peran dari anak-anak kauman kidul yang tergabung dalam Forum Anak juga patut diacungi jempol. “Kami tentu saja perlu terus mensinergikan dan mengupayakan kegiatan-kkegiatan yang kami lakukan agar kegiatan tersebut ramah anak dan mememnuhi hak-hak anak.” ujarnya.

Adapun dalam sambutannya Kepala DP3APPKB Kota Salatiga, Henni Mulyani, SE, MAP, MA menegaskan bahwa sebagai percontohan dan penetapan Kauman Kidul ini belumlah berhenti sampai disini namun ini sebagai pijakan awal dalam upaya memenuhi hak-hak anak. “Utamanya di Kauman Kidul ini ada Forum Anak Kelurahan Kauman Kidul (Forkadul) yang menjadi media bagi anak-anak untuk berpendapat dan turut serta menyuarakan hak-hak mereka.” ujar Henni.

Forum Anak Kelurahan menjadi salah satu indikator penetapan Kelurahan Layak Anak selain tentu saja melihat bahwa segenap aspek kegiatan dan program pembangunan yang didasarkan untuk kepentingan terbaik bagi anak dan memberikan pelindungan bagi anak- anak. Pemenuhan indikator ini mengacu pada Konvensi Hak Anak yang di dalamnya menjelaskan secara garis besar ada 4 (empat) hak anak, yaitu hak hidup; hak tumbuh kembang; hak perlindungan dan hak partisipasi.

Sementara itu dalam sambutan Wali Kota Salatiga yang dibacakan oleh Staf Ahli Wali Kota, Adhi Isnanto, S.Sos, M.Si mengungkapkan bahwa penetapan Kauman Kidul sebagai Kelurahan Layak Anak merupakan salah satu upaya penajaman implementasi kebijakan kabupaten/kota layak anak sehingga anak-anak bisa terlindungi dan terjamin hak-haknya. Selain itu Wali Kota juga berharap Kecamatan dan Kelurahan lainnya bisa mengikuti jejak Kelurahan Kauman Kidul untuk segera mewujudkan Kelurahan dan Kecamatan layak anak.

Dikatakan pula, dalam upaya untuk menjamin terpenuhinya hak anak diperlukan juga upaya yang sungguh-sungguh dari pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha agar anak-anak dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai harkat dan martabat kemanusiaan. “Salah satu indikator untuk mencapai Kabupaten Layak Anak adalah terbentuknya Desa/Kelurahan Layak Anak dan Kecamatan Layak Anak. Semoga kegiatan ini juga menginspirasi Desa/Kelurahan yang lain, sehingga bisa terpenuhi kriteria penilaian Kabupaten Layak Anak dan harapannya bisa meningkatkan capaian kategori KLA Kota Salatiga di tahun mendatang menjadi Nindya.” imbuh Adhi Isnanto.

Dokumentasi Kegiatan

Leave a Reply